RPP KELAS 4 SD TEMA 3 SUBTEMA 1 (HEWAN DAN TUMBUHAN DI LINGKUNGAN RUMAHKU)
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN 01 PGRI
Semarang
Kelas / Semester : IV (Empat) / 1
Tema 3 : Peduli
Terhadap Makhluk Hidup
Sub Tema 1 : Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku
Pembelajaran : 1
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan (6 x 35 menit)
A. KOMPETENSI INTI
(KI)
KI 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran
agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, guru, dan tetangganya.
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya) dan menanya berdasarkan
rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak
beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI
DASAR (KD) & INDIKATOR
MATEMATIKA
Kompetensi
Dasar (KD)
3.1 Mengenal konsep pecahan senilai dan
melakukan operasi hitung pecahan menggunakan benda
kongkret/gambar
4.3 Mengurai sebuah
pecahan menjadi sebagai hasil penjumlahan atau pengurangan dua buah pecahan
lainnya dengan berbagi kemungkinan jawaban
Indikator
:
¡ Menentukan
pecahan setelah mengamati gambar dan melengkapi tabel
¡ Membedakan
pecahan senilai dan tidak senilai setelah melakukan eksplorasi dengan gambar pecahan
dan diskusi kelas
IPA
Kompetensi
Dasar (KD)
3.1 Menjelaskan
bentuk luar tubuh hewan dan tumbuhan dan fungsinya
4.1 Menuliskan
hasil pengamatan tentang bentuk luar (morfologi) tubuh hewan dan tumbuhan serta
fungsinya
Indikator
:
¡ Menjelaskan bentuk luar (morfologi) tubuh hewan
dan fungsinya setelah mengamati gambar
SBdP
Kompetensi
Dasar (KD)
3.1 Mengenal karya
dua dan tiga dimensi berdasarkan pengamatan
4.2 Membuat karya
seni kolase
Indikator
:
¡ Menciptakan
karya seni kolase menggunakan bahan alam dan barang bekas
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
¡ Setelah mengamati gambar dan melengkapi tabel, siswa
mampu menentukan nilai pecahan dengan benar.
¡ Setelah melakukan eksplorasi dengan
gambar dan diskusi kelas, siswa mampu menentukan pecahan yang
senilai dengan pecahan yang ditentukan.
¡ Setelah
mengamati gambar, siswa mampu menjelaskan bentuk luar (morfologi) tubuh hewan
dan fungsinya dengan benar.
¡ Dengan
menggunakan bahan alam dan barang bekas, siswa
mampu membuat karya seni kolase dengan teknik yang benar.
D. MATERI
PEMBELAJARAN
¡ Mengeksplorasi
pecahan senilai melalui media pecahan
¡ Membuat
karya seni kolase dengan bahan alam
¡ Mengenal
bagian tubuh hewan
E. METODE PEMBELAJARAN
¡ Pendekatan : Saintifik
¡ Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab,
penugasan dan ceramah
F. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
¡
Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
¡
Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian,
posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
¡
Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Peduli
Terhadap Makhluk Hidup”.
¡
Guru
menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi,
mengomunikasikan dan menyimpulkan.
|
10 menit
|
Inti
|
¡
Siswa mengamati gambar, membaca teks, dan menjawab
pertanyaan, dan kemudian mendiskusikan jawaban dalam kelompok. (Mengamati)
¡
Siswa dipandu menjawab pertanyaan yang terdapat di buku
siswa untuk memahami konsep pecahan, khususnya pecahan yang merupakan bagian
dari sekelompok benda. (Menanya)
¡
Setelah memahami pecahan yang merupakan bagian dari suatu
kelompok benda, siswa diajak bereksplorasi dengan pecahan yang merupakan
bagian dari suatu benda utuh. (Mengekplorasi)
¡
Siswa memperkirakan pecahan sederhana dengan cara
menggambarkan di gambar pohon yang terdapat pada buku siswa. Kemudian, siswa
diminta menceritakan.
¡
Siswa mengamati bagian tubuh merpati yang terdapat di
buku siswa dan melengkapi tabel yang telah disediakan. Kegiatan ini merupakan
pengenalan awal untuk bagianbagian tubuh hewan dan diharapkan dapat membantu
siswa dalam melaksanakan observasi tentang hewan di lingkungan rumah mereka. (Mengamati)
¡
Siswa menuliskan perenungan mereka di buku siswa.
(Mengkomunikasikan)
|
35 Menit
X 30 JP
|
Penutup
|
¡
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil
belajar selama sehari
¡
Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari
(untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
¡
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan
pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
¡
Melakukan penilaian hasil belajar
¡
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)
|
15 menit
|
G. SUMBER
DAN MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Pedoman Guru Tema : Peduli Terhadap Makhluk Hidup Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013,
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
¡ Buku Siswa
Tema : Peduli Terhadap Makhluk Hidup
Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan
dan Kebudayaan, 2013).
¡ Daun
kering atau bahan lain dari alam dan bulu ayam/ burung/bebek.
H. PENILAIAN PROSES DAN HASIL BELAJAR
1. Rubrik Penilaian Kolase. (SBdP)
Kriteria
|
Perlu Berlatih lagi
|
Cukup Bagus
|
Bagus Sekali
|
Desain
|
Seluruh bahan dipotong dengan ukuran
dan bentuk yang tepat dan disusun dengan rapi.
(3)
|
Sebagian besar bahan dipotong dengan
ukuran dan bentuk yang tepat dan disusun dengan rapi.
(2)
|
Sedikit bahan dipotong dengan ukuran
dan bentuk yang tepat dan disusun dengan rapi.
(1)
|
Bahan
|
Menggunakan sedikitnya 4 jenis bahan
alam.
(3)
|
menggunakan 3 jenis bahan alam.
(2)
|
menggunakan 2 jenis bahan alam.
(1)
|
Waktu
|
Menyelesaikan sesuai dengan waktu yang ditentukan.
(1,5)
|
Menyelesaikan 5 menit setelah waktu
yang ditentukan.
(1)
|
Tidak menyelesaikan dalam waktu yang
ditentukan.
(0,5)
|
Catatan: Centang (P)
pada bagian yang memenuhi kriteria.
2. Lembar kerja matematika pecahan
dinilai dengan angka. (Matematika)
No
|
Nama
|
Nilai
|
|
|
|
|
|
|
3. Fungsi dan bagian tubuh burung
dinilai dengan daftar periksa. (IPA)
Kriteria
|
Keterangan
|
|
Ya
|
Tidak
|
|
Siswa mampu menuliskan fungsi paruh
dengan benar
|
|
|
Siswa mampu menuliskan fungsi sayap
dengan benar
|
|
|
Siswa mampu menuliskan fungsi ekor
dengan benar
|
|
|
Siswa mampu menuliskan fungsi cakar
dengan benar
|
|
|
Bila terdapat kesalahan pengisian data, minta siswa untuk memperbaiki.
4.
Penilaian sikap teliti, kreatif, rasa ingin tahu.
No
|
Sikap
|
Belum Terlihat
|
Mulai Terlihat
|
Mulai Ber-kembang
|
Membu-daya
|
Ket.
|
1
|
Teliti
|
|
|
|
|
|
2
|
Bertanggung Jawab
|
|
|
|
|
|
3
|
Disiplin
|
|
|
|
|
|
Mengetahui
Kepala Sekolah,
( ___________________ )
NIP ..................................
|
|
Guru Kelas IV
( ___________________ )
NIP ..................................
|
Komentar
Posting Komentar