RPP KELAS 4 SD TEMA 3 SUBTEMA 1 (HEWAN DAN TUMBUHAN DI LINGKUNGAN RUMAHKU)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan         :   SDN 01 PGRI Semarang
Kelas / Semester              :     IV (Empat) / 1
Tema 3                             :     Peduli Terhadap Makhluk Hidup
Sub Tema 1                      :     Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku
Pembelajaran                  :     1
Alokasi Waktu                :     1 x Pertemuan (6 x 35 menit)


A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR
MATEMATIKA
Kompetensi Dasar (KD)
3.1       Mengenal konsep pecahan senilai dan melakukan operasi hitung pecahan menggunakan benda kongkret/gambar
4.3       Mengurai sebuah pecahan menjadi sebagai hasil penjumlahan atau pengurangan dua buah pecahan lainnya dengan berbagi kemungkinan jawaban
Indikator :
¡  Menentukan pecahan setelah mengamati gambar dan melengkapi tabel
¡  Membedakan pecahan senilai dan tidak senilai setelah melakukan eksplorasi dengan gambar pecahan dan diskusi kelas




IPA
Kompetensi Dasar (KD)
3.1       Menjelaskan bentuk luar tubuh hewan dan tumbuhan dan fungsinya
4.1       Menuliskan hasil pengamatan tentang bentuk luar (morfologi) tubuh hewan dan tumbuhan serta fungsinya
Indikator :
¡  Menjelaskan bentuk luar (morfologi) tubuh hewan dan fungsinya setelah mengamati gambar

SBdP
Kompetensi Dasar (KD)
3.1       Mengenal karya dua dan tiga dimensi berdasarkan pengamatan
4.2       Membuat karya seni kolase
Indikator :
¡  Menciptakan karya seni kolase menggunakan bahan alam dan barang bekas

C.     TUJUAN PEMBELAJARAN
¡  Setelah mengamati gambar dan melengkapi tabel, siswa mampu menentukan nilai pecahan dengan benar.
¡  Setelah melakukan eksplorasi dengan gambar dan diskusi kelas, siswa mampu menentukan pecahan yang senilai dengan pecahan yang ditentukan.
¡  Setelah mengamati gambar, siswa mampu menjelaskan bentuk luar (morfologi) tubuh hewan dan fungsinya dengan benar.
¡  Dengan menggunakan bahan alam dan barang bekas, siswa mampu membuat karya seni kolase dengan teknik yang benar.

D.     MATERI PEMBELAJARAN
¡  Mengeksplorasi pecahan senilai melalui media pecahan
¡  Membuat karya seni kolase dengan bahan alam
¡  Mengenal bagian tubuh hewan

E.     METODE PEMBELAJARAN
¡  Pendekatan        : Saintifik
¡  Metode               :  Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah







F.      KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
¡   Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
¡   Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
¡   Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentangPeduli Terhadap Makhluk Hidup”.
¡   Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.

10 menit
Inti
¡   Siswa mengamati gambar, membaca teks, dan menjawab pertanyaan, dan kemudian mendiskusikan jawaban dalam kelompok. (Mengamati)
¡   Siswa dipandu menjawab pertanyaan yang terdapat di buku siswa untuk memahami konsep pecahan, khususnya pecahan yang merupakan bagian dari sekelompok benda. (Menanya)
¡   Setelah memahami pecahan yang merupakan bagian dari suatu kelompok benda, siswa diajak bereksplorasi dengan pecahan yang merupakan bagian dari suatu benda utuh. (Mengekplorasi)
¡   Siswa memperkirakan pecahan sederhana dengan cara menggambarkan di gambar pohon yang terdapat pada buku siswa. Kemudian, siswa diminta menceritakan.
¡   Siswa mengamati bagian tubuh merpati yang terdapat di buku siswa dan melengkapi tabel yang telah disediakan. Kegiatan ini merupakan pengenalan awal untuk bagianbagian tubuh hewan dan diharapkan dapat membantu siswa dalam melaksanakan observasi tentang hewan di lingkungan rumah mereka. (Mengamati)
¡   Siswa menuliskan perenungan mereka di buku siswa. (Mengkomunikasikan)

35 Menit X  30 JP
Penutup
¡   Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
¡   Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
¡   Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
¡   Melakukan penilaian hasil belajar
¡   Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)

15 menit

G.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡  Buku Pedoman Guru Tema : Peduli Terhadap Makhluk Hidup Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
¡  Buku Siswa Tema : Peduli Terhadap Makhluk Hidup Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
¡  Daun kering atau bahan lain dari alam dan bulu ayam/ burung/bebek.

H.     PENILAIAN PROSES DAN HASIL BELAJAR
         1. Rubrik Penilaian Kolase. (SBdP)
Kriteria
Perlu Berlatih lagi
Cukup Bagus
Bagus Sekali
Desain
Seluruh bahan dipotong dengan ukuran dan bentuk yang tepat dan disusun dengan rapi.

(3)
Sebagian besar bahan dipotong dengan ukuran dan bentuk yang tepat dan disusun dengan rapi.
(2)
Sedikit bahan dipotong dengan ukuran dan bentuk yang tepat dan disusun dengan rapi.
(1)
Bahan
Menggunakan sedikitnya 4 jenis bahan alam.
(3)
menggunakan 3 jenis bahan alam.

(2)
menggunakan 2 jenis bahan alam.
          
(1)
Waktu
Menyelesaikan sesuai dengan  waktu yang ditentukan.
(1,5)
Menyelesaikan 5 menit setelah waktu yang ditentukan.

(1)
Tidak menyelesaikan dalam waktu yang ditentukan.
(0,5)
Catatan: Centang (P) pada bagian yang memenuhi kriteria.

         2. Lembar kerja matematika pecahan dinilai dengan angka. (Matematika)
No
Nama
Nilai










         3. Fungsi dan bagian tubuh burung dinilai dengan daftar periksa. (IPA)
Kriteria
Keterangan
Ya
Tidak
Siswa mampu menuliskan fungsi paruh dengan benar


Siswa mampu menuliskan fungsi sayap dengan benar


Siswa mampu menuliskan fungsi ekor dengan benar


Siswa mampu menuliskan fungsi cakar dengan benar


Bila terdapat kesalahan pengisian data, minta siswa untuk memperbaiki.

4. Penilaian sikap teliti, kreatif, rasa ingin tahu.
No
Sikap
Belum Terlihat
Mulai Terlihat
Mulai Ber-kembang
Membu-daya
Ket.
1
Teliti





2
Bertanggung Jawab





3
Disiplin







Mengetahui
Kepala Sekolah,




( ___________________ )
NIP ..................................


Guru Kelas IV




( ___________________ )
NIP ..................................








Komentar